Waspadalah : “53CUR17Y.15.53R10U5” !

Security is Serious”… Seberapa seurieus Anda memperhatikan pengamanan kata sandi saat Anda beraktivitas dunia maya? Tak seorang pun mau apabila data privat miliknya dilongok oleh orang yang tidak berkepentingan, bahkan saat sekadar akses bermain-main pada situs yang tengah luar biasa populer yakni aktivitas jejaring pertemanan on-line : Facebook.
Apabila Anda memilih kata sandi gampangan layaknya “generic” :
12345678 -dan/atau- 1234
maka pilihan kata demikian memang menjadi sedemikian gampang diingat namun tentunya akan amat mudah ditebak cukup dengan upaya coba-coba tanpa perlu keluar keringat sedikit pun dengan menggunakan aplikasi pembobol kata sandi semisal aplikasi “brute-password-attackers”.
Dan nyatanya pemilihan kata sandi dengan pengamanan yang sedemikian lemah seperti dicontohkan di atas digunakan oleh pengguna Internet sejumlah : 14%.
Sedangkan Kata sandi : qwerty —yakni deretan huruf teratas pada papan ketik komputer— yang juga gampang dicoba tebak ternyata digunakan : 4% peselancar Internet.

Demikian Kajian yang terungkap hasil dari penelitian Errata Security di AS yang dipublikasikan dalam Information Week terbitan 11Feb yl. Kajian mana lebih lanjut melaporkan bahwa 16% dari 28.000 kata sandi yang terkena kasus pembobolan identitas diketahui kebanyakan korban menggunakan pola pilihan kata-kata yang cukup mudah ditebak, semisal :
“Nama depan pengguna” —dan/atau— “nama depan anak”.
“password” —atau kombinasi yang lemah— “password1”.
Walau sudah cukup sering diwanti-wantikan ahli penasehat keamanan Internet serta kalangan penyedia layanan e-mail dll, pilihan kata dengan nama depan sendiri atau pun nama anak memang meluas dalam pemakaiannya dan serta merta akan menjadi target yang empuk bagi kalangan kriminal pencuri identitas aktivitas Internet.
Pengamanan kata kunci bahkan menjadi lebih bernilai vital lagi untuk aktivitas pengiriman surat elektronik serta transaksi on-line dengan bank atau pun toko cyber semisal amazon-dot-com.
Lantas pengamanan kata sandi yang selayaknya dilaksanakan menurut arahan Robert Graham spesialis keamanan Errata Security, yakni:
Pilih lah kata sandi yang terdiri atas minimal 8 (delapan) huruf.
Dan hendaknya pilihan kata sandi dengan menyertakan setidaknya kombinasi 1(satu) huruf besar dan 1(satu) karakter simbol !

Mungkin agak berlebihan dan terbilang ribet bagi khalayak pengguna Internet untuk dapat mengikuti saran, bahwa agar demi pengamanan password hendaknya secara rutin diganti setiap bulan atau periode tertentu. Namun agaknya lebih dapat dimengerti khalayak kebanyakan apabila kalangan pengamanan IT mengajukan tips agar dalam beraktivitas jejaring sosial on-line : Facebook, Multiply, Hi5, dll yang kini popularitasnya merebak luas agar pengguna Internet supaya tidak terlena untuk dengan sembarangan ikut menjadi pengguna fitur aplikasi tambahan yang banyak tersedia di situs jejaring sosial kontemporer masa kini. Apabila seseorang dengan gampangan ikut menjadi anggota pengguna aplikasi berarti setiap anggota dalam group yang diikutinya akan dapat mengakses data pribadi setiap anggota. Hendaknya disadari bahwa aplikasi tambahan dari pihak luar sesungguhnya juga rawan terhadap pencurian data pribadi oleh penjahat kriminal yang mengintai setiap waktu pada setiap celah kesempatan.
Barangkali pantas diingatkan bahwa betapa kejadian tragis serangan terorisme 911 di NYC, AS pada tahun 2001 yang silam menyisakan sekelumit kisah dibalik berita yang sungguh menarik berkenaan dengan penelusuran password milik para korban yang tewas. Ternyata pada kesempatan pasca kejadian 911 sekelompok rekan para korban tewas yang berkesempatan berkumpul intens untuk kemudian dilibatkan dalam suatu riset kecil-kecilan berbasis jejaring sosial yang diarahkan guna coba mengungkap kata sandi yang digunakan para korban yang tewas dalam beraktivitas Internet. Dan hasilnya cukup mengejutkan bahwa ternyata kata sandi dari sejumlah korban dapat terbongkar dengan tebakan relatif sederhana berdasar penelusuran dari rangkuman pernyataan atas sejumlah cirian kebiasaan ataupun kesukaan milik para korban yang dikumpulkan dari para rekan-rekan kerja terdekat serta sahabat yang lolos selamat dari peristiwa 911.
“53CUR17Y.15.53R10U5” : Waspadalah !

Tinggalkan komentar